Jumat, 15 Desember 2017

Belajar Berbagi Pengumuman melalui Teknik “Running Dictation”


            Paling susah memang mengajarkan materi announcement (pengumuman) terutama untuk keterampilan mendengarkan dan berbicara. Perlu ide-ide menarik agar siswa mau “speak up”, terutama untuk para slow learners. Rendahnya kemampuan siswa serta rumitnya materi  kadang membuat siswa (bahkan guru) merasa putus asa. Kalah sebelum bertanding, istilah kerennya. Pengalaman saya, saya sering kerepotan mengajarkan teks fungsional terutama untuk keterampilan mendengarkan dan berbicara. Setelah saya mencoba menggunakan berbagai cara, saya merasa bahwa teknik Running Dictation bisa menjadi alternatif yang mudah dan menyenangkan bagi siswa dalam mempelajari teks fungsional, terutama untuk keterampilan mendengarkan dan berbicara.
Saya punya pengalaman mengajarkan materi announcement menggunakan teknik Running Dictation. Materi ini diajarkan di kelas VIII semester 1. Ternyata teknik ini cukup efektif. Anak-anak bisa berlatih mendengarkan, berbicara sekaligus menulis. Mereka juga bisa berlatih menganalisa dan bekerja sama. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan ini antara 2 – 4 jam pelajaran, sesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa.
            Running Dictation adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok. Masing-masing kelompok melakukan kegiatan menyalin teks yang tertempel di dinding, dibaca (dikte) oleh salah satu anggota dan dituliskan oleh anggota yang lain. Untuk lebih konkretnya, kegiatan Running Dication di kelas saya, saya jabarkan sebagai berikut.
            Sebagai kegiatan awal, saya membagi siswa menjadi beberapa kelompok dimana masing-masing kelompok terdiri atas empat atau lima anggota. Kebetulan dalam kelas saya terdapat 25 siswa. Saya membagi mereka menjadi enam kelompok yang berisi 4 – 5 anggota. Kemudian dalam tiap-tiap kelompok ditentukan satu orang menjadi writer (penulis) dan sisanya menjadi runners (pelari).  Setelah membagi kelompok, saya menempelkan beberapa teks announcement di dinding-dinding sekitar kelas. Satu kelompok mendapatkan satu teks. Nah, masing-masing kelompok harus berlomba menyalin teks yang ada. Salah satu runner berlari ke arah dinding, membaca satu baris teks, kembali ke kelompoknya untuk mendiktekan teks tersebut ke writer. Hal ini dilanjutkan oleh runners yang lain secara bergantian hingga mereka selesai menyalin satu teks penuh.

ANNOUNCEMENT
To: All students of Junior High School 2 Kedungadem
To celebrate the National Education Day the Board of Student Association will hold some interesting programs. They are English Speech Contest, English Story Telling contest and Wall Magazine Competition. The programs will be held on September 4th, 2016, 8 a.m. – 1 p.m.
All classes must take part in the programs and should report their participation to their home teachers.
For detailed information, please contact Mrs. Erika, the coordinator of this program.
OSIS BOARD
               
Usai menyalin seluruh teks, saya meminta setiap regu mengumpulkan hasil kerja mereka untuk kemudian dicek secara silang. Masing-masing kelompok akan mengoreksi dan menganalisa pekerjaan kelompok lain. Mereka harus berusaha menemukan kesalahan sekaligus memberikan pembetulan pada pekerjaan kelompok lain yang mereka koreksi. Agar anak-anak tambah semangat, saya menawarkan reward dengan memilih dua kelompok terbaik. Yang pertama adalah kelompok yang membuat paling sedikit kesalahan pada pekerjaannya, yang kedua adalah kelompok yang mampu menemukan kesalahan terbanyak pada pekerjaan kelompok lain yang dikoreksi,  sekaligus membetulkannya. Anak-anak sangat senang dan bersemangat menganalisa hasil pekerjaan temannya, berharap mereka bisa mengoreksi kata/ kalimat/ frasa sebanyak mungkin.
            Pembahasan secara klasikal tentang announcement pada kegiatan Running Dictation tersebut merupakan tahap kegiatan berikutnya. Saya menunjukkan sekali lagi teks announcement yang benar kemudian membahas kontennya. Berikut adalah contoh hasil pembahasan klasikal saya.

ANNOUNCEMENT
Time  : 08.00 am – 01.00 pm
Date  : September 4th, 2016
Place : Junior High School 2 Kedungadem
Content  :
To celebrate National Education Day, student association will hold:
English Speech Contest
English Story Telling Contest
Wall Magazine Competition
Participator: all students
Contact person: Mrs. Erika
From : OSIS BOARD
To : All students of Junior High School 2 Kedungadem
 





















Dalam pembahasan isi teks announcement tersebut, saya menggunakan leading questions, antara lain:
a.    Whom is the announcement intended for?
b.    Who holds the event?
c.    When will the event be held?
d.    How many programs will be held in the event? What are they?
e.    Etc.
Semua pertanyaan tersebut saya berikan secara lisan. Saya membimbing siswa untuk bisa menjawab secara lisan dan menuliskan jawaban pada form yang tertera di papan tulis.
            Tahap eksplorasi telah terlampaui. Kini tiba saatnya bagi siswa untuk berkreasi. Saya arahkan siswa untuk bekerja berpasangan menyusun draft announcement dengan menggunakan format yang sudah dicontohkan di atas. Siswa bebas menentukan isi announcement sesuai dengan keinginan mereka. Kemudian, saya meminta beberapa kelompok untuk membacakan draft mereka di depan kelas. Saya memberikan koreksi terhadap hasil pekerjaan mereka secara klasikal.
            Puncak kegiatan ini adalah menyusun announcement secara individu. Siswa diminta mengembangkan draft yang mereka susun sebelumnya menjadi sebuah pengumuman (announcement) secara utuh. Siswa juga dipersilakan menghias karya mereka seindah mungkin. Tahap menghias dirasa perlu dengan tujuan mengeksplorasi kreatifitas siswa serta menarik minat mereka. Kegiatan ini diakhiri dengan kegiatan display. Siswa dipersilakan menempelkan karya mereka di dinding kelas agar bisa dilihat oleh teman-temannya. Masing-masing siswa diberi tugas memberi penilaian dan komentar pada empat karya teman mereka (peer assesment). Format peer assessment adalah sbb.

NO.
Name
Addressee
(yes/ no)
Announcer
(yes/ no)
Time/ day/ date
(yes/ no)
Content
(yes/ no)
1.
2.
3.
4.







            Peer assesment menjadi akhir dari pembelajaran materi announcement. Format peer assessment pun saya buat sesederhana mungkin, dengan hanya mencantumkan komentar yes/ no. Di sini siswa hanya diminta memberi komentar yes jika karya temannya dianggap sudah sesuai atau no jika kurang sesuai.
Dari kegiatan terintegrasi ini siswa bisa belajar mendengarkan, berbicara, menulis, menganalisa serta bekerja sama. Dan yang paling penting adalah siswa bisa menikmati setiap fase pembelajaran. Tertarik untuk menerapkannya di kelas anda? Tunggu apalagi? Be prepared and action! Semoga berhasil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sitasi Seratus Persen

Pembaca yang budiman, bagi anda yang sering menulis karya tulis ilmiah (KTI) pasti tidak asing dengan istilah sitasi. Pernahkah anda mengala...